RSS

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Qur’an Hadits Madrasah Aliyah Kelas X

12 Apr
Bismillah, the first verse of the first "...

Image via Wikipedia

Pengantar

Dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP Pasal 1, ayat 15) dikemukakan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Penyusunan KTSP dilakukan oleh satuan pendidikan dengan memperhatikan dan berdasarkan standar kompetensi serta kompetensi dasar yang  dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

KTSP adalah suatu ide tentang pengembangan kurikulum yang diletakkan pada posisi yang paling dekat dengan pembelajaran, yakni sekolah dan satuan pendidikan. Pemberdayaan sekolah dan satuan pendidikan dengan memberikan otonomi  yang lebih besar, disamping menunjukkan sikap tanggap pemerintah terhadap tuntutan masyarakat juga merupakan sarana peningkatan kualitas, efesiensi, dan pemerataan pendidikan. KTSP merupakan salah satu wujud reformasi pendidikan yang memberikan otonomi kepada sekolah dan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan potensi, tuntutan, dan kebutuhan masing-masing. Otonomi dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran merupakan potensi bagi sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dan staf sekolah, menawarkan partisipasi langsung kelompok-kelompok terkait, dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pendidikan, khususnya kurikulum. Pada sistem KTSP, sekolah memiliki “full autority and responsibility” dalam menetapkan kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan visi, isi dan tujuan satuan pendidikan. Untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan tersebut, sekolah dituntut untuk mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam indikator kompetensi, mengembangkan strategi, menentukan prioritas, mengendalikan pemberdayaan berbagai potensi sekolah dan lingkungan sekitar, serta mempertanggungjawabkannya kepada masyarakat dan pemerintah.

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Standar Kompetensi (SK) adalah tujuan pembelajaran secara umum. Misalkan, di kelas X kita ingin mengajarkan Al-Qur’an dari aspek pengertian dan bukti keotentikannya. Apa yang kita harapkan dari siswa setelah mereka mempelajari materi ini? Tentu harapannya adalah agar siswa dapat menjelaskan pengertian Al-Qur’an tdk hanya menurut aspek kebahasaan namun juga berdasarkan pendapat para pakar di bidang Al-Qur’an serta siswa dpt menunjukkan bukti-bukti secara teoritis mengenai otentitas Al-Qur’an, maka Standar Kompetensinya adalah: Memahami pengertian al-Qur’an dan Bukti Keotentikannya.

SK biasanya tidak boleh diubah harus sesuai kurikulum. Namun boleh ditambah kalau tidak ada. Penulisannya pun disesuaikan dengan peraturan yang ada (kalau tidak salah ada lembar penggunaan kalimat operasional yang berupa kata kerja untuk pembuatan SK dan KD.

Adapun Kompetensi Dasar (KD) ini berupa penjabaran dari standar kompetensi. Contoh: untuk dapat mengetahui pengertian Al-Qur’an baik dari segi kebahasaan maupun istilah maka perlu dijelaskan secara lebih detail mengenai pendapat para ulama mengenai pengertian Al-Qur’an, kemudian dijelaskan pula mengenai aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam meneliti soal otentitas Al-Qur’an. Nah, kesemua materi bahasan tadi dapat kita rangkum di dalam kompetensi dasar. Jadi, kompetensi dasar nya adalah Memahami pengertian al-Qur’an dan Bukti Keotentikannya, sedangkan urutan materi yang ingin diberikan tadi dapat dimasukkan dalam kolom materi pokok.

Berikut ini adalah contoh Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar untuk mata pelajaran qur’an hadits tingkat madrasah aliyah, sesuai dengan Lampiran Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

 

 

Kelas X, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Memahami pengertian al-Qur’an dan bukti keotentikannya

 

1.1  Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut para ahli

1.2  Membuktikan keotentikan al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya.

1.3  Menunjukkan prilaku orang yang meyakini kebenaran al-Qur’an

 

  1. Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an
2.1     Mengidentifikasi isi pokok ajaran al-Qur’an

2.2     Menunjukkan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an

2.3     Menjelaskan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an

2.4     Menerapkan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an

 

  1. Memahami fungsi al-Qur’an dalam kehidupan
3.1     Mendeskripsikan fungsi al-Qur’an

3.2     Menunjukkan  perilaku orang yang menfungsikan al-Qur’an

3.3     Menerapkan fungsi al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari

 

  1. Memahami cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur’an
4.1     Menunjukkan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur’an

4.2     Menerapkan cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur’an

 

  1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
5.1      Mengartikan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QS al-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56

5.2     Menjelaskan kandungan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56

5.3     Menerapkan perilaku sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS al-Mu’minuun:12-14; QS an-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56

 

  1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang demokrasi
6.1     Mengartikan QS Ali Imraan 159 dan QS asy-Syuura: 38.

6.2     Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan  159 dan QS asy-Syuura : 38.

6.3     Menerapkan  perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imraan  159 dan QS Asy-Syuura: 38. dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 
b. Kelas X, Semester 2  

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Memahami istilah-istilah hadis
1.1  Mendefinisikan pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.

1.2  Membandingkan pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.

1.3   Menerapkan pengertian hadis, sunnah (sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dan sunnah taqririyah), khabar, atsar dan hadis qudsi.

 

2        Memahami sanad dan matan hadis 2.1   Menjelaskan pengertian sanad dan matan.

2.2   Menerapkan pengertian sanad dan matan dalam hadis.

 

3        Mendeskripsikan fungsi hadis terhadap al-Qur’an 3.1  Menjelaskan fungsi hadis terhadap al-Qur’an

3.2   Menunjukkan contoh fungsi hadis terhadap al-Qur’an.

3.3   Menerapkan fungsi hadis terhadap al-Qur’an.

 

4           Memahami pembagian hadis dari segi kuantitas dan kualitasnya. 4.1  Menjelaskan pembagian hadis dari segi kuantitasnya.

4.1     4.2 Menjelaskan pembagian hadis dari segi kualitasnya

 

5           Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah 5.1  Mengartikan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

 

5.2  Menjelaskan kandungan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

 

5.3  Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

 

5.4  Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti yang terkandung dalam QS  al-An’aam: 162-163 ; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

 

 

 

 

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 April 2011 in Pembelajaran Qur'an Hadits

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: